Senin, 03 Desember 2012

karakter anak usia dini


LATAR BELAKANG PEMBELAJARAN TERPADU
A.karakteristik pembelajaran anak usia dini
Masitoh,dkk.(2005) mengemukakan bahwa kegiatan pembelajaran di TK mengutamakan bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain.Secara alamiah bermain memotivasi anak untuk mengetahui sesuatu secara lebih mendalam dan spontan anak mengembangkan kemampuannya.Bermain pada dasarnya lebih mementingkan proses daripada hasil.Selain itu,bermain bagi anak dapat merupakan wahana untuk perkembangan social,emosi,dan kognif anak.
            Piaget menyatakan pula bahwa dengan bermain anak diberikan kesempatan untuk mengasimilasi kenyataan terhadap dirinya dan dirinya terhadap kenyataan.Sebagai implikasi dari beberapa konsep tentang pentingnya bermain terhadap pembelajaran di TK adalah guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan anak untuk dapat bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain secara efektif.Anakpun hendaknya menjadi subjek belajar bukan objek belajar.
Teori piget di atas sejalan dengan Moeslichatoen yang berpendapat bahwa pembelajaran di TK :
·         Sebaiknya memberikan situasi pendidikan yang memberikan rasa aman dan  menyenangkan kepada anak
·         Dapat berbentuk kegiatan belajar yang dapat membentuk anak untuk berprilaku yang baik,melalui pembiasaan yang terwujud dalam kegiatan sehari-hari,seperti menjaga kebersihan,dan menjaga kesopanan.
·         Merupakan pengembangan berbagai kemampuan dasar anak.Oleh karena itu pengetahuan terhadap dunia sekitar merupakan alat yang dipilih guru untuk pengembangan kemampuan dasar anak TK.

B.Prinsip pembelajaran terpadu pada Anak Usia Dini
·         Proses pembelajaran bagi anak usia dini adalah proses interaksi antara anak,sumber belajar, dan pendidik dalam suatu lingkungan belajar tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
·         Sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang bersifat aktif melakukan berbagai eksplorasi dalam kegiatan bermain maka proses pembelajaran ditekankan pada aktivitas anak dalam bentuk-bentuk belajar sambil bermain
·         Belajar sambil bermain ditekankan pada integrasi pengembangan potensi di bidang fisik/ motorik,intelegensi,social emosional,dan bahasa serta komunikasi sehingga menjadi kemampuann yang secara actual dimiliki anak.
·         Penyelanggaraan pembelajaran bagi anak usia dini perlu memberikan rasa aman bagi anak
·         Sesuai dengan sifat perkembangan anak usia dini,proses pembelajaran dilaksanakan secara terpadu
·         Proses pembelajaran pada anak usia dini akan terjadi apabila anak berbuat secara aktif berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur pendidik
·         Program belajar bagi anak usia dini dirancang dan dilaksanakan sebagai suatu system yang dapat menciptakan kondisi yang menggugah dan memberi kemudahan bagi anak untuk belajar sambil bermain melalui berbagai aktivitas yang bersifat konkret serta sesuai tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak

KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
A.Ciri-ciri perkembangan anak usia dini
            Karakteristik perkembangan anak usia 4-6 tahun meliputi :
·         Perkembangan fisik anak.ditandai dengan keaktifan anak untuk melakukan berbagai kegiatan.Hal ini bermanfaat untuk pengembangan otot-otot kecil maupun besar
·         Perkembangan bahasa.ditandai dengan kemampuan anak memahami pembicaraan orang lain dan mampu mengungkapkan pikirannya dalam batas-batas tertentu.
·         Perkembangan kognitif (daya pikir anak).ditunjukkan dengan rasa ingin tahu anak yang luar biasa terhadap lingkungan sekitarnya.hal itu terlihat dari seringnya anak menanyakan segala sesuatu yang dilihat atau didengarnya.
·         Bentuk permainan anak masih bersifat individu,bukan permainan social walaupun aktivitas bermain dilakukan anak secara bersama dengan anak-anak lainnya.

Ciri perkembangan anak usia TK secara lebih rinci adalah sebagai berikut :
·         Dari segi fisik,anak usia TK dapat berdiri atau berjalan dengan keseimbangan satu kaki,mampu meloncat dengan baik,dapat mendorong,berbelok atau memutarkan badannya,dapat memegang pensil dengan tepat.
·         Dari segi social,anak usia TK sudah dapat bersahabat terutama dengan teman dari jenis kelamin yang sama,senang berbagi dan bertukar pendapat dengan anak atau orang lain,menunjukkan kemampuan memahami perasaan orang lain.
·         Dari segi berpikir dan berkomunikasi,anak usia TK sudah dapat menjawab pertanyaan dengan jelas,dapat bercerita mengenai hal yang terjadi pada situasi nyata,dapat member informasi walau masih sulit dalam mencari atau menggunakan kata-kata untuk mengungkapkannya,dapat berhitung,menulis atau menggambar garis,orang,benda,senang membentuk sesuatu dengan tangannya.
B.Kemampuan dasar anak usia dini
Kemampuan dasar anak usia dini terdiri dari :
·         Kemampuan kogniti anak usia dini
·         Kemampuan social emosional anak usia dini
·         Kemampuan nilai moral agama anak usia dini
·         Kemampuan fisik anak usia dini
·         Kemampuan bahasa anak usia dini
·         Kemampuan seni anak usia dini

C.Kecerdasan jamak (multiple intelligence)
Berikut ini akan dikemukakan 9 kecerdasan jamak yaitu :
  1.Kecerdasan linguistic
            Adalah kecerdasan dalam mengolah kata atau kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan maupun tertulis.
2.Kecerdasan logika matematik
            Adalah kecerdasan dalam hal angka dan logika.kecerdasan ini melibatkan keterampilan mengolah angka dan atau kemahiran menggunakan logika atau akal sehat.
3.Kecerdasan fisik (Kinestik-Jasmani)
            Anak-anak usia TK yang mempunyai kecerdasan fisik (kinestik-jasmani) adalah anak-anak yang sering tak dapat diam saat sedang duduk makan,dan biasanya, anak yang cerdas di bidang ini adalah anak yang sering dan senang bermain di luar.
4.Kecerdasan Visual Spasial
            Adalah seorang anak yang memiliki kemampuan untuk memvisualkan gambar di dalam pikirannya atau seorang anak yang dapat memecahkan suatu masalah atau menemukan suatu jawaban dengan memvisualkan bentuk gambar.
5.Kecerdasan intrapersonal
            Anak yang cerdas di bidang ini sangat memahami dirinya sendiri,apa kelemahan dan kekurangannya.merekapun dapat menentukan target yang sesuai dengan dirinya dan berusaha mencapai target tersebut.
6.Kecerdasan interpersonal (antarpribadi)
            Adalah kemampuan berpikir lewat berkomunikasi dengan orang lain.anak-anak yang berbakat di bidang ini dapat memahami orang lain.
7.Kecerdasan musical
            Anak-anak yang mempunyai kecerdasan music senang bernyanyi,bersenandung,atau bersiul seorang diri.jika mendengar irama music,anak yang berbakat di bidang ini akan menggerak-gerakan tubuhnya mengikuti irama dan ikut bernyanyi.
8.Kecerdasan naturalis
            Anak-anak yang memiliki kecerdasan naturalis adalah anak yang mempunyai keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies flora atau fauna serta kepekaan terhadap fenomena alam.
9.Kecerdasan Eksistensialis
            Adalah kemampuan seseorang untuk menempatkan diri dalam hubungan dengan jangkauan kosmos terjauh,yang tak terhingga besarnya atau kecilnya,misalnya memahami makna hidup,dan cinta pada sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar